Tips Aman Memakai Softlens

22 May 2013 posted on Health & Beauty
Softlens sudah tidak asing lagi di kalangan sekarang. Banyak yang bilang softlens menambah daya tarik dalam berpenampilan dan beberapa orang juga lebih nyaman memakai softlens daripada kacamata. Tak hanya mata yang sakit atau harus memakai kacamta atau softlens, tapi ada juga yang dipakai untuk sekedar bergaya. Tak hanya memakai tapi kamu mesti tau tips amannya. Banyak orang yang infeksi matanya karena tidak tau cara aman memakai softlens.

Namun informasi yang minim mengenai penggunaan soft lens menyebabkan banyak terjadi kasus kelainan pada mata, mulai dari iritasi sampai kebutaan. Pemakaian softlens yang benar dapat menyebabkan penglihatan menjadi nyaman, memperbaiki daya lihat pada mata, bahkan bisa juga mempertahankan kelengkungan kornea sehingga dapat menghambat pertumbuhan ukuran mata minus.

Coba simak tips aman memakai softlens berikut ini.

1.    Pergi ke Dokter
Sebelum memutuskan untuk menggunakan softlens, pengguna harus memeriksakan matanya dahulu ke dokter spesialis mata, karena tidak setiap pengguna bisa dan aman untuk memakai softlens. Selain itu, pemeriksaan yang teliti mengenai bola mata sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat kelengkungan kornea, keadaan permukaan kornea, kondisi kuantitas dan kualitas air mata. Apabila ditemukan kontra indikasi pemakaian soft lens seperti mata kering (dry eyes) dimana produksi air mata sedikit atau kurang, ada iritasi atau infeksi pada mata, dan gangguan pada kedipan mata, maka penggunaan soft lens sangat tidak dianjurkan. Hal ini perlu diketahui pengguna karena tingginya resiko penggunaan soft lens tidak sesuai aturan seperti mata menjadi merah, mata kering, iritasi, gatal, bahkan luka pada korne (cornea ulcer) yang dapat mengakibatkan kebutaan. Jika kamu mengalami iritasi atau mata merah, segera pergi ke dokter. Jika dibiarkan dan menganggapnya sepele, kesehatan mata justru semakin dalam bahaya.

2.    Softlens murah
Promo Softlens! Banyak promo yang bikin mata ini melihat dengan banyak tawaran softlens cantik dengan harga yang murah. Eitss.. tunggu dulu Ladies, jangan hanya menang murah, tapi kamu harus tau juga kualitas dari softlens tersebut. Hati–hati jangan sampai mata kamu rusak karna softlens yang tidak jelas kualitasnya. Jika kamu ngerasa belum paham, konsultasikan dengan dokter atau pegawai di optik.

3.    Selalu cuci tangan
Sebelum menyentuh softlens, jangan pernah lupa untuk mencuci tangan. Jika tidak, jari yang kotor bisa membuat mata iritasi. Apalagi buat kamu yang suka memiliki kuku panjang harus lebih rajin cuci tangan dan membersihkan kuku supaya tidak menjadi iritasi.

4.    Hindari softlens yang berwarna
Softlens warna-warni memang cantik. Namun jangan terlalu sering memakainya. Sebab penelitian menyebutkan kalau softlens berwarna mengurangi oksigen yang masuk dalam kornea.

5.    Menjaga kebersihan
Jangan menggunakan sabun dan air untuk membersihkan softlens. Gunakan cairan khusus untuk membersihkannya. Karena diletakkan pada mata, jaga kebersihan softlens dengan baik.

6.    Batas pakai lensa
Softlens sebaiknya digunakan delapan jam saja dalam sehari. Lepas ketika tidur dan rendam dengan cairan khusus. Memakai softlens terlalu lama jelas membahayakan mata.

7.    Eye shadow bubuk

Kombinasi antara make up dan softlens perlu diperhatikan. Jangan memakai bedak tabur atau eye shadow bubuk agar butir-butirnya tidak jatuh ke dalam mata dan menyebabkan iritasi.

Inilah beberapa tips aman memakai softlens yang emvee bisa bagikan buat kamu Ladies. Jangan sembarangan ya, karena berhubungan dengan mata yang sangat sensitif. (fa)